Home Nasional Dari Agustus 2020 Sampai Dengan Januari 2021, Kemenparekraf RI Bersama Adira Gelar FKL 2020

Dari Agustus 2020 Sampai Dengan Januari 2021, Kemenparekraf RI Bersama Adira Gelar FKL 2020

by Admin

Jakarta, sebelas12.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) menginisiasi peyelenggaraan kegiatan Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020, yang diadakan mulai bulan Agustus 2020 sampai Januari 2021.

Pergelaran FKL di tengah Pandemi Covid-19 ini disambut baik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio.

“Mengingat pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada sektor UMKM. FKL merupakan salah satu sarana untuk membangun bisnis UMKM melalui kemudahan akses ke produknya,” ujar Wishnutama dalam Opening Festival Kreatif Lokal 2020 di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Ia menambahkan, di sisi lain, FKL juga harus dimanfaatkan secara baik oleh pelaku UMKM demi menjaga kelangsungan bisnisnya. Yakni harus lebih giat dan kreatif dalam penciptaan produk yang dihasilkan, sekaligus adaptif untuk memanfaatkan kecanggihan digital.

“Dengan transformasi ke digital, pemasaran yang dilakukan UMKM akan berjalan lebih cepat dan jangkauannya lebih luas. Sehingga dapat mempercepat perputaran siklus ekonomi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, bahwa FKL sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka ulang tahun Adira Finance ke-30. Meliputi dua program acara yaitu Kreatif Lokal Award dan Konser Kreatif Lokal.

“Kreatif Lokal Award merupakan sebuah apresiasi nyata Adira Finance bagi individu pelaku wirausaha yang telah menunjukkan prestasi kinerja mengagumkan dan memberdayakan masyarakat sekitarnya, melalui inovasi dan kreativitas sehingga meningkatkan taraf hidup diri dan lingkungannya. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu Menciptakan Nilai Bersama untuk Meningkatkan Kesejahteraan,” ujarnya.

Kreatif Lokal Award merupakan ajang pemilihan calon UMKM terbaik yang berasal dari 1000 UKM dari binaan Kemenparekraf RI, konsumen Adira Finance, dan masyarakat umum. Ajang ini mencari 18 brand pemenang dari 6 kategori bidang ekonomi kreatif yang dilombakan yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, Fotografi, Video, dan Pertunjukan.

Para pemenang, selain mendapatkan modal usaha dengan total ratusan juta rupiah, juga akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama dengan Kemenparekraf RI, lapak online ekslusif di Bukalapak. Serta paparan di media mengenai produk dan usaha mereka.

Para pelaku UKM kreatif dapat mendaftarkan sebagai peserta dengan mengunjungi microsite Festival Kreatif Lokal 2020 di alamat bit.ly/festivalkreatiflokal. Pengumuman pemenang Kreatif Lokal Award akan diadakan pada bulan November 2020 bertepatan dengan HUT Adira Finance ke-30.

Pada penghujung Festival Kreatif Lokal 2020, akan diadakan Konser Kreatif Lokal pada bulan Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop & Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori, serta Konser Amal bersama artis ternama Indonesia untuk menarik donasi bagi pelaku UKM yang terkena dampak pandemi. (*Red)

Related Posts

Leave a Comment