Home Ekbis Dorong Wujudkan Kehidupan Pensiunan Berkualitas, bank bjb Bekali Pengetahuan ASN

Dorong Wujudkan Kehidupan Pensiunan Berkualitas, bank bjb Bekali Pengetahuan ASN

by Admin

Kota Bekasi, sebelas12.com – Masa pensiun adalah fase transisi kehidupan yang niscaya dihadapi seseorang yang telah melewati usia kerja. Jika tak dipersiapkan secara matang, bisa jadi hal tersebut malah akan mengundang turbulensi karena situasi yang serba tidak pasti. Pada gilirannya, kondisi ini akan berdampak pada penurunan kualitas dan bahkan harapan hidup.

Dalam rangka upaya menghindari berbagai kemungkinan tak menyenangkan di masa purna bhakti, bakal pengetahuan yang memadai perlu dipersiapkan agar segala sesuatunya bisa diantisipasi. Sebagai upaya mewujudkan harapan kesejahteraan di hari tua tersebut, bank bjb turut serta memberikan pembekalan kepada para aparatur negeri sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi yang hendak memasuki masa usia pensiun.

Pembekalan tersebut dilaksanakan dalam acara Gathering ASN Pra Purna dan Purna Bhakti di Lingkungan Pemerintahan Kota Bekasi yang diselenggarakan di Graha Hartika, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/3/2020). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi Karto, Sekretaris BKPPD Kota Bekasi Sugiono dan Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Bekasi Adie Arief wibawa.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan aksi korporasi pembekalan persiapan pensiun tersebut dilakukan sebagai wujud apresiasi dan kepedulian perseroan terhadap para abdi negara yang telah mewakafkan sebagian usianya untuk tugas-tugas pengabdian. Diharapkan nantinya par ASN bisa menikmati buah hasil kerja keras yang telah mereka tanam sejak usia muda.

“Kehidupan yang sejahtera dan berkualitas di hari tua adalah impian yang dimiliki setiap orang. Dalam rangka mewujudkan keinginan tersebut, khususnya bagi para ASN, bank bjb mencoba menjembatani harapan para abdi negara agar menjadi kenyataan. Sebagai mitra pemerintah, bank bjb senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam memfasilitasi berbagai kebutuhan aparaturnya guna menopang upaya mewujudkan kesejahteraan yang lebih baik,” kata Widi.

Dalam acara tersebut, para ASN diajak untuk mempersiapkan diri, baik dari sisi administrasi, jasmani, mental hingga kondisi finansial agar mereka bisa menjalankan serta menikmati kehidupannya dengan penuh semangat dan percaya diri dalam menyongsong masa depan yang lebih tenang.

Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, bank bjb juga memiliki fasilitas jasa keuangan yang dapat digunakan untuk menopang kesejahteraan di usia pensiun bagi ASN. Fasilitas tersebut berupa program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bank bjb yang terbuka bagi kalangan umum baik perorangan, kelompok maupun pemberi kerja/perusahaan. Dengan fasilitas ini, simpanan dana pensiun akan menjadi lebih terjamin.

Perseroan juga memiliki produk andalan lainnya berupa Kredit Purna Bhakti (KPB) dan Kredit Pra Purna Bhakti (KPPB). KPB merupakan pembiayaan dengan tujuan multiguna yang diberikan kepada debitur pensiunan. Sementara KPPB disalurkan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun. Maksimal sisa masa dinas debitur yang dapat menerima kredit adalah lima tahun.

Kendati bersifat konsumtif, fasilitas KPB dan KPPB dapat dimanfaatkan untuk aktivitas produktif seperti modal usaha, sehingga keberlangsungan ekonomi pascapensiun dapat tetap terjaga. Terlebih, kini terjadi perubahan paradigma, terutama di kalangan nasabah ASN yang lebih gemar memanfaatkan produk konsumer untuk site income, ketimbang mengejar kemewahan atau kebutuhan konsumtif lainnya. (*Red)

Related Posts

Leave a Comment